Turunkan Tekanan Darah Tinggi Dengan Jus Seledri dan Timun

Turunkan Tekanan Darah Tinggi Dengan Jus Seledri dan Timun


Untuk menurunkan tekanan darah tinggi, beberapa bahan alami dipercaya ampuh membantu proses tersebut. Misalnya saja seledri dan timun. Apa kata dokter soal hal ini?

dr Prasna Pramita SpPD dari RS Mayapada Lebak Bulus mengatakan memang jus seledri disebut bisa membantu menurunkan tekanan darah tinggi. Namun, ia menegaskan belum ada bukti ilmiah terkait hal ini.

"Lagipula kita kan nggak tahu dosisnya berapa banyak supaya bisa menurunkan tekan darah 20 mmHg misalnya," kata dokter yang akrab disapa dr Mita ini dalam Live Chat 'Kenali dan Waspadai Hipertensi' yang digelar detikHealth dan detikForum bekerjasama dengan Mayapada Healthcare Group di kantor detikcom, Jl Warung Jati Barat Raya, Jakarta Selatan, Rabu (10/5/2017).

Hal ini pun berlaku pada timun. Menurut pengalaman dr Mita, cukup banyak orang yang mempraktikkan konsumsi timun untuk membantu menurunkan tekanan darah, tetapi lagi-lagi 'dosis' yang dibutuhkan tidak dapat dipastikan.

"Kalau timun misalnya, kita kan juga nggak tahu timunnya yang jenis apa. Jadi, jika memang mau menerapkan itu yang penting tetap dibantu dengan konsumsi obat supaya tekanan darahnya turun dan terkontrol," tambah dr Mita.

Bagi pasien darah tinggi, kata dr Mita, yang terpenting adalah terapkan pola hidup sehat termasuk mengatur pola makan, rutin olahraga, redakan stres, batasi asupan garam, dan istirahat yang cukup. Untuk konsumsi garam, bagi pasien hipertensi batasi per hari maksimal 1 sendok teh.

"Garam tetap harus dimakan. Kalau tidak, kita bisa kekurangan garam dalam tubuh sehingga menjadi lemas," pungkas dr Mita.int

No comments

Powered by Blogger.