Ketahui Kenapa Antena TV Berpotensi Disambar Petir

Ketahui Kenapa Antena TV Berpotensi Disambar Petir
Petir

Hal-hal kecil yang kita lakukan tanpa sadar bisa meningkatkan potensi tersambar petir. Antena TV yang biasa dipasang untuk meningkatkan kualitas gambar, misalnya, malah meningkatkan kerawanan.

Peneliti petir dari Institut Teknologi Bandung (ITB), Syarif Hidayat, mengatakan bahwa selama ini banyak orang salah mengerti tentang kilat.

Kasus orang tersambar listrik saat menonton TV memang terjadi. Namun, itu bukan berarti listrik dan pesawat TV itu sendiri pemicunya.

"Kasus orang yang tersambar petir karena menonton TV biasanya terjadi karena orang itu memasang antena TV tingi-tinggi," kata Syarif.

"Antena TV itu akhirnya menjadi obyek paling tinggi di rumah sehingga kena sambaran petir. Listrik dari petir dihantarkan lewat kabel antena dan sampai ke TV," imbuhnya.

Manusia berpotensi tersambar petir yang sampai ke pesawat televisi bila berada pada jarak yang terlalu dekat, kurang dari dua meter.

"Akhirnya listrik dari petir akan sampai pada manusia dengan mekanisme side flash," ungkap Syarif saat dihubungi Kompas.com, Kamis (27/4/2017).

Agar aman dari ancaman petir, antena TV tak perlu dipasang tinggi-tinggi. Rumah juga perlu dipasang obyek yang berfungsi menangkal petir.

Obyek itu tidak harus penangkal petir, tetapi bisa berupa pohon atau tiang yang berada pada jarak pas, lebih dari 2 meter dari rumah, tetapi juga tak terlalu jauh.sumber

No comments

Powered by Blogger.